img
Crog International
Teknologi

Lego Spike Prime

Kelas LEGO Spike Prime adalah sebuah kegiatan edukatif yang dirancang untuk anak-anak berusia 10-14 tahun. Melalui penggunaan set LEGO Spike Prime, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics), kreativitas, serta kemampuan problem solving dan kolaborasi. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar konsep robotika dan pemrograman dalam suasana yang menyenangkan dan mendukung.

Deskripsi

Anak-anak akan berpartisipasi dalam aktivitas membangun dan memprogram robot menggunakan set LEGO Spike Prime. Kegiatan ini dirancang untuk mendorong mereka menggunakan imajinasi dan keterampilan teknis mereka untuk menciptakan berbagai proyek robotik. Anak-anak akan belajar bagaimana menghubungkan berbagai sensor dan motor, serta memprogramnya untuk menjalankan tugas tertentu. Setiap sesi memberikan tantangan baru yang mendorong anak-anak untuk berpikir kreatif dan mencari solusi inovatif.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa sesi yang dimulai dengan pembukaan dan pengarahan oleh instruktur. Instruktur akan memperkenalkan diri dan menjelaskan tujuan dari kegiatan ini serta memberikan penjelasan singkat mengenai LEGO Spike Prime dan cara penggunaannya. Setelah pengarahan, anak-anak akan mengikuti sesi eksplorasi di mana mereka diberi kesempatan untuk mengenal lebih dalam komponen-komponen LEGO Spike Prime dan mencoba merakitnya.

Selanjutnya, anak-anak akan diberikan tantangan pemrograman dan konstruksi. Dalam sesi ini, mereka akan belajar membuat dan memprogram robot dengan menggunakan LEGO Spike Prime. Setiap anak atau kelompok anak akan diberikan tugas tertentu yang harus diselesaikan, seperti membuat robot yang dapat bergerak atau menyelesaikan tugas spesifik. Setelah tantangan ini, anak-anak akan mempresentasikan hasil karya mereka dan berdiskusi tentang proses yang mereka lalui serta kesulitan yang dihadapi.

Peserta diharapkan untuk membawa laptop atau tablet yang kompatibel dengan aplikasi LEGO Spike Prime. Selain itu, mereka dianjurkan untuk membawa air minum dan camilan ringan untuk menjaga energi mereka selama kegiatan berlangsung. Anak-anak diharapkan memakai pakaian yang nyaman untuk bergerak dan beraktivitas. Tidak ketinggalan, mereka juga sebaiknya membawa notebook dan alat tulis untuk mencatat ide-ide atau menggambar rencana konstruksi yang akan mereka buat.

Mengikuti kegiatan ini akan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan STEAM mereka. Mereka akan mendapatkan pemahaman dasar tentang robotika dan pemrograman, yang dapat menjadi fondasi bagi pembelajaran lebih lanjut di bidang teknologi. Selain itu, kegiatan ini akan meningkatkan keterampilan motorik halus mereka melalui perakitan komponen-komponen LEGO Spike Prime. Anak-anak juga akan belajar untuk bekerja sama dalam tim, berbagi ide, dan mencari solusi bersama-sama. Selain itu, kegiatan ini mendorong mereka untuk berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan problem solving. Presentasi hasil karya akan membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi mereka.

Biaya pendaftaran untuk mengikuti kegiatan ini adalah Rp350.000,- per anak. Untuk keluarga yang mendaftarkan lebih dari satu anak, diberikan diskon sebesar 10%. Biaya ini sudah termasuk penggunaan set LEGO Spike Prime (jika tidak membawa sendiri), sertifikat partisipasi, dan penghargaan simbolis yang akan diberikan pada akhir kegiatan.

Dengan mengikuti kegiatan ini, anak-anak akan memiliki kesempatan untuk belajar sambil bermain, mengembangkan berbagai keterampilan yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, serta mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bersama teman-teman mereka.